ARAPAIMA (Arapaima Gigas)




Arapaima Gigas

Arapaima, pirarucu, atau paiche (Arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika selatan. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram. Saat ini sudah sangat jarang terdapat arapaima yang berukuran lebih dari 2 meter karena ikan ini sering ditangkapi untuk dikonsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain.

Harga ikan ini cukup mahal sehingga sering kali hanya orang kaya saja yang mampu membelinya. Ikan ini membutuhkan tempat hidup yang luas dengan volume air yang berlimpah maka otomatis akan menguras biya listrik. Selain itu, jumblah pakan yang dierikan bias lebih banyak disbanding memelihara anjing sekalipun. Ikan ini lebih banyak dipelihara di kolam daripada di aquarium. Saat di alam ikan ini bias memakan saudara sepupunya, yaituarwana silver. Arapaima terdapat di sepanjang sungai amazone melalui beber apa negara. Di Guyana, ikan ini di lindungi. Di wilayah lain sebenarnya ikan ini dilindungi tetapi tetapi perdagangan ilegalnya masih saja terjadi.
Arapaima Gigas

arapaima gigas

Arapaima adalah ikan yang dapat dipelihara dengan mudah asalkan volume air dan pakan yang diberikan sesuai karena hanya itu yang dibutuhkannya. Mereka tahan terhadap kualitas air yang beragam asalkan perubahannya tidak drastis. Dalam daftar IUCN ikan ini masuk kategori vulnerable atau terancam punah jika tidak ada usaha untuk melestarikannya. Sayangnya Arapaima tidak pernah dibudidayakan atau belum pernah ada laporan mengenai pembudidayaan ikan ini.


Arapaima GigasArapaima Gigas

CJ AQUATIC mengulas tentang berbagai macam jenis dan harga ikan hias air tawar yang ada di seluruh Dunia.

This Is The Oldest Page

MARI BERKOMENTAR MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR!
EmoticonEmoticon