ALIGATOR (Lepisus Peus)



Alligator adalah ikan yang mirip dengan buaya. Spesies terbesarnya (jantan dan betina) akan mempertahankan wilayah utamanya. Di alam liar mangsa utama ikan ini adalah ikan yang lebih kecil yang dapat mereka bunuh dan makan dalam satu gigitan. Aligator adalah ikan karnivora sejati, tetapi dapat dibiasakan dengan memberi pakan pellet atau pakan anjing (dog food) yang berbentuk seperti pellet.

Ikan yang habitatnya berasal di perairan Amerika Serikat ini lebih menyukai pakan ikan hidup berupa ikan-ikan kecil, pemberian pakan pellet, ikan kecil serta udang dapat dilakukan selang-seling. Ikan ini hidup di air yang sedikit asam sampai netral atau pH sekitar 5-6,5 dengan suhu optimal sekitar 24-30C. Ikan ini lebih menyukai air yang tenang tidak ber arus.

Sebenarnya terdapat lebih dari 3 jenis ikan aligator, tetapi 3 diantaranya sudah masuk Indonesia. Agak sulit untuk membedakannya karena kemungkinan besar ketiganya sudah dikawin silangkan. Ketiga jenis alligator tersebut adalah:

- Lepisosteus osseus (Long Nose Gar)

- Lepisosteus oculatus (Spot Gar)

- Atractoteus spatula (Aligator Gar)


Si hidung panjang Long Nose Gar (Lepisosteus osseus) mampu tumbuh sampai 2 meter dengan berat maksimal 16kg. Umur si betina lebih lama, dapat mencapai 22 tahun dan siap kawin saat umur 6 tahun. Pejantan sudah matang kelamin saat berumur 3-4 tahun, tetapi umur si jantan lebih pendek yaitu sekitar 11 tahun.

Lepisosteus osseus 

Spot Gar atau Lepisoteus oculatus merupakan jenis yang paling pendek. Ukuran maksimal tubunya hanya tumbuh hingga 112cm dengan berat bisa mencapai 4kg. jenis ini mampu tumbuh sampai berumur 18 tahun. Kemungkinan jenis inilah yang paling banyak di pelihara di Indonesia dan sudah banyak dibudidayakan.

Lepisosteus oculatus 

Aligator Gar atau si spatula (Atractoteus spatula) adalah jenis yang paling besar . Di sungai misisipi ikan ini pernah ditemukan dengan panjang 3 meter dan berat mencapai 166kg. Mulut si spatula paling besar dan lebih mirip mulut sang alligator, si buaya Amerika. Betinanya baru matang kelamin pada usia 11 tahun dengan umur maksimal 50 tahun, sementara ikan jantan sudah siap kawin pada umur 6 tahun dan hidupnya lebih singkat yaitu sekitar 26 tahun.

Atractoeus spatula 

Kelompok alligator ini asli predator dan mengonsumsi beragam sumber pakan. Saat masih muda ikan ini mengonsumsi serangga. Setelah dewasa ikan ini akan mengonsumsi udang, ikan, reptile kecil dan burung. Karena bersifat predator ikan ini hanya bias dicampur dengan ikan yang berukuran sama atau lebih besar darinya supaya ikan tersebut tidak menjadi target mangsanya. Karena ukuran tubuhnya dapat mencapai ukuran raksasa maka aquarium atau bak semen untuk memeliharanya harus berukuran besar, setidaknya 2 kali panjang tubuhnya.






CJ AQUATIC

Mengenal berbagai macam jenis-jenis Ikan Hias air tawar di seluruh dunia

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berkomentarlah menggunakan Bahasa yang baik dan sopan! EmoticonEmoticon