SUBSTRATE

FILTER


DEFINISI FILTER

Filter adalah suatu alat yang berfungsi sebagai penyaring untuk menyaring benda benda tertentu yang tidak dikehendaki dan meloloskan benda benda tertentu yang dikehendaki. Dalam sistem aquarium benda benda yang tidak dikehendaki tersebut antara lain amonia, bahan padatan, residu organik, dan bahan bahan kimia lainnya.

 
jenis jenis filter
jenis jenis filter

 

 

JENIS FILTER MENURUT SISTEM KERJA

Ada 3 macam jenis sitem kerja Filter pada Akuarium yaitu sebagai berikut:

1. FILTER MEKANIK
Sistem kerja filter aquarium ini dengan menyaring kotoran yang terdapat di dalam aquarium. Bahan yang digunakan berupa busa sebagai filter, dan juga bebatuan.

2. FILTER BIOLOGI
Sistem kerjanya adalah dengan mengurai bahan-bahan kimia yang terdapat dalam aquarium. Organisme pengurai bisa berupaNitrosomonas dan juga Nitrobacter.

3. FILTER KIMIAWI
Sistem kerjanya adalah dengan menyerap bahan berbahaya di dalam aquarium seperti kaporit, zat asam, dan juga ammonia. Filter ini mengandung zeonit.

 

 

JENIS JENIS FLTER

Ada 5 macam jenis Filter pada aquarium yaitu sebagai berikut:

1. Filter Atas (Over Head Filter)
Filter atas ini merupakan jenis filter aquarium yang paling sering digunakan oleh sebagian besar orang. Sebab, sistem kerja filter ini cukup maksimal dalam menyaring kotoran yang terkandung dalam air.

Sistem Kerja Filter Atas
Sistem Kerja Filter  Atas
Over Head Filter
Over Head Filter
over head filter merk aquila

Sistem penyaringan dari jenis filter ini yaitu air disedot atau diserap melalui power head atau pompa kemudian dialirkan melalui selang dan di filter di tabung yang berada di atas. Untuk komponen dalam filter atas ini sebenarnya bisa divariasi, tetapi secara umum menggunakan kapas filter sebagai media mekanik, bio ring atau bio ball sebagai media bakteri pengurai (filter biologi), dan batu zeolit (filter kimia). Untuk harga dari filter ini pun relatif standard walaupun sedikit lebih mahal dari filter samping dan filter sponge tetapi sistem kerjanya lebih maksimal. 


2. Filter Samping (Hang On Back Filter)
Berikutnya yaitu filter samping atau yang biasa disebut Hang On Back Filter. Sesuai dengan namanya, filter ini menggantung di samping di aquarium.

Sistem Kerja Filter Samping
Sistem Kerja Filter Samping
hang on back filter
hang on back filter
hang on back flter merk dophin
hang on back flter merk dophin

Sistem kerja filter samping ini menggunakan beberapa komponen penyaring yaitu busa kapas halus dan media filter biologi. Untuk media filter biologi bisa menggunakan ceramic ring, bio ball, ataupun batu kerikil. Harga filter ini relatif standard dan sedikit lebih mahal dari sponge filter. Tetapi lebih efektif karena bisa menyerap lebih banyak volume air yang akan disaring. 


3. Filter Internal
Berikutnya yaitu Internal Filter. Sistem kinerja dari filter ini hampir sama dengan sistem kerja filter atas, hanya saja dalam filter ini tidak menggunakan tabung atas. Tetapi, menggunakan tabung yang langsung berhubungan antara power head dan air.

Sistem Kerja Filter Internal
Sistem Kerja Filter Internal
internal filter
internal filter
internal filter merk sunsun
internal filter merk sunsun

Jenis filter ini juga termasuk filter yang menggunakan penyaringan secara mekanik dan biologi. Yaitu menggunakan busa halus (mekanik) dan bio ball sebagai media tempat tinggal koloni bakteri pengurai amonia. 


4. Canister Filter
Yang terakhir yaitu jenis filter canister. Filter ini merupakan jenis filter yang menggunakan penyaringan paling lengkap, yaitu filter secara mekanik, biologi maupun kimia.

Sistem Kerja Canister Filter
Sistem Kerja Canister Filter
canister filter
canister filter
canister filter merk jebo
canister filter merk jebo

Untuk harga filter canister ini tergolong paling mahal kisaran ratusan ribu hingga jutaan. Namun, sistem kinerja filter jenis ini sangat efektif dan kejernihan aquarium lebih terjaga. Sebab, 3 penyaringan sekaligus bisa diterapkan dalam canister filter ini. 


5. Sponge Filter

Sponge filter merupakan salah satu jenis filter klasik yang sering digunakan banyak orang. Sistem filter ini lebih menekankan pada penyaringan secara mekanik. Yaitu, sistem penyaringan dengan menggunakan sponge atau yang biasa kita sebut dengan spons. Sistem penyaringannya dipancing dengan oksigen yang dikeluarkan dari pompa oksigen atau aerator melalui selang kecil yang dimasukan ke dalam pipa kecil dari atas. Yang mana pipa kecil tersebut sudah dilubangi berukuran kecil kemudian ditutup atau diselimuti dengan sponge atau spons.

Sponge Filter
Sistem Kerja Sponge Filer
sponge filter
sponge filter
sponge filter merk bio-foam
sponge filter merk bio-foam


Harga jenis filter ini relatif lebih murah dibandingkan jenis filter yang lain. Sebab, hanya bermodalkan sponge dan air pump (aerator). Filter ini cocok untuk berbagai macam jenis ukuran aquarium.

Itulah beberapa jenis jenis filter yang biasa digunakanan dalam aquascape.

MARI BERKOMENTAR MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR!
EmoticonEmoticon