HARDSCAPE



HARDSCAPE


DEFINISI HARDSCAPE


Hardscape merupakan salah satu bagian paling penting dalam aquascape. Hardscape adalah komponen penunjang dalam suatu aquascape yang berupa batu atau kayu. Batu yang digunakan tentunya batu alam entah itu batuan beku atau sedimen. Batu ataupun kayu yang digunakan haruslah mempunyai bentuk atau warna yang menarik sehingga bisa menunjang keindahan Aquascape.

hardscape aquascape

Hardsacape ini tidak wajib. Tetapi dalam pembuatan Aquascape yang meniru alam pegunungan atau hutan dengan banyak kayu hardscape menjadi point utamanya.Seperti pembuatan aquascape dengan tema Iwagumi yang komposisinya lebih banyak menggunakan batu daripada tanaman. Diperlukan keahlian untuk menyusun atau sekedar menempatkan batu atau kayu di dalam aquascape agar menghasilkan sesuatu yang indah.

JENIS JENIS HARDSCAPE

Hardscape ada dua tipe jenis yaitu :

1. BATU
Batu adalah tambahan yang bagus dan sering melengkapi kayu dalam aquascape. Hal ini penting hanya memilih batu berwarna alam, warna lembut seperti hitam, abu-abu dan coklat adalah jenis warna yang terbaik. Usahakan sebelum memasukan batu dalam air pastikan dulu untuk dibersihkan agar batu tidak membuat air lebih basa atau asam. Cara terbaik untuk membersihkan batu yaitu dengan merebus batu kurang lebih selama 15 menit, dan jangan pernah mencuci batu dengan deterjen supaya tidak meracuni air dengan zat kimia yang terkandung dalam deterjen. Berikut beberapa batu yang biasa digunakan sebagai Hardscape:

- Seiryu Stone
Batu Seiryu memiliki warna yang menarik yang kontras dengan tanaman dan tekstur yang sangat alami, batu ini sangat cocok digunakan untuk tema iwagumi, bisa digunakan sebagai hardscape saja tanpa planting.

seiryu stone

- Lintang Stone
Batu lintang merupakan batu asli indonesia dengan guratan pada tiap sisi batu yang membuatnya natural sebagai bahan dasar aquascape dengan tema pemandangan didalam air.

lintang stone

- Iron Stone
Batu iron atau batu besi sangat cocok untuk pembuatan aquascape bertema gunung atau bukit, karena batu ini akan memberikan kesan alami.

iron stone

- Eragon Stone
Batu Eragon, tekstur ringan, bentuk bagus untuk aquascape dengan urat kecil dan mendetail untuk layout, sangat mudah disusun.

eragon stone


2. KAYU 
Kayu atau drift wood adalah salah satu jenis hardscape yang sangat penting penggunaannya terutama untuk membuat aquascape bertema alami atau nature style. Kayu dengan batang tipis dan bercabang lebih menarik, memilih jenis kayu dengan cabang terlihat jatuh atau patah tanpa tanda dipotong meberikan kesan kehindahan yang alami.Kayu dengan bengkokan yang tidak biasa cocok diaplikasikan dengan lumut atau moss sehingga memberi efek seakan kayu itu ditumbuhi dedaunan.Usahakan juga sebelum memasukan kayu kedalam aquascape agar dipastikan kayu sudah steril. cara mebersihkannya pun sama dengan batu yaitu dengan merebus batu kurang lebih selama 15 menit, dan jangan pernah mencuci batu dengan deterjen supaya tidak meracuni air dengan zat kimia yang terkandung dalam deterjen. Berikut beberapa kayu yang biasa digunakan sebagai Hardscape:

- Kayu Rasamala
kayu rasamala terlihat indah dan mempunyai lekukan yang alami, sehingga cocok untuk dijadikan pohon dengan diaplikasikan dengan moss.

kayu rasamala

- Kayu Bakau 
 Kayu Bakau adalah jenis kayu yang paling banyak digunakan dalam aquascape karena jenis kayu ini yang sangat mudah tenggelam.

kayu bakau


- Kayu Santigi 
Kayu santigi juga sangat indah, selain memberikan kesan kayu yang raouh dan terlihat tua, kayu ini juga sangat cocok digunakan untuk aquascape dengan tema hutan.

kayu santigi

Itulah beberapa jenis jenis hardscape yang biasa digunakanan dalam membuat aquascape

MARI BERKOMENTAR MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR!
EmoticonEmoticon