GREEN



            Pemanasan global tidak dapat kita pungkiri mempengaruhi seluruh kehidupan kita. Mulai dari bencana yang sering terjadi (banjir tahunan, longsor, dsb), iklim yang tak menentu yang menyebabkan para petani gagal panen, dan masih banyak lagi dampak yang memperburuk kualitas kehidupan manusia. Keadaan bumi semakin lama semakin memburuk, apakah yang bisa kita lakukan untuk menanggulanginya? Apakah kita tega terhadap anak cucu kita yang harus menanggung dampak dari perbuatan kita?



9 GREEN PROGRAMS

1. Menanam Pohon.

2. Menyuarakan dan mendorong agar semua elemen masyarakat, kalangan Pemerintahan, swasta, baik organisasi maupun Individu untuk dapat mensukseskan Green Campaign’, guna tercipta budaya yang baik dengan kebiasaan kita Anak Bangsa Indonesia adalah “ Jangan Membuang Sampah Sembarangan”, Buanglah Sampah Dengan Baik & Benar”; yakni memisahkan sampah Organik dan Non Organik.

3. Mengefisienkan pengunaan Energi Listrik sehari-hari dan Mengurangi penggunaan bahan bakar Minyak dan Batu Bara, serta berupaya mendorong Terwujudnya Indonesia yang menggunakan Energy Hijau yang bersih dan Berkelanjutan / Reneweble Energy ; Solar Panel, Wind Energy, Energi Hidroelectrik adalah energi air,  dan  Energi Geothermal / Panas Bumi.

4. Mengurangi penggunaan kertas, dengan cara mengantikannya secara Electronik atau  Online atau dengan menggunakan kertas dari bahan Daur Ulang.

5. Mengefisienkan dan mengurangi pengunaan Air yang tidak perlu dalam penggunaannya sehari-hari, untuk menghadapi ancaman badai Elnino yang berkepanjangan di Indonesia serta Menggalakkan Pembuatan Lubang Biofory khususnya di Perkotaan.

6. Melakukan Perubahan ke Gaya Hidup Hijau yang Ramah Lingkungan dengan Mengunakan dan membeli produk- produk yang ramah lingkungan pula / Green Products.

7. Jika barang atau alat Electronik Rusak, maka Tidak langsung membuangnya menjadi limbah atau Sampah Electronik yang Berbahaya, tetapi berupaya dahulu untuk melakukan perbaikan atau Repair’

8. Berkomitmen untuk terus mengajak semua anak bangsa tanpa kecuali, agar dapat terus menyuarakan dan mempromosikan Go Green Indonesia Ku kepada semua Bangsa Indonesia lainnya yang hidup di tanah tumpah darah Indonesia ini, untuk dapat memberikan sumbangsih dan baktinya dengan tindakan nyata’ guna membuat Indonesia yang Lebih Hijau & Bersih.
9. Menggalak’kan Program Perbaikan; memperbaiki Hutan Bumi Ibu Pertiwi ini semakin bertambah Rusak, Program Perbaikan Sungai & Laut agar Bersih dari Sampah. dan Tidak membiarkan Sungai & Laut semakin Rusak dan menjadi Keranjang Sampah. 
            Tentu saja kita tidak boleh tinggal diam. Menanggulangi pemanasan global memang bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang besar yang harus dilakukan untuk menanggulanginya seperti penanaman hutan dengan jumlah yang besar. Tetapi, tentu hal sesederhana apapun yang kita lakukan dengan niat untuk menanggulangi pemanasan global sangat berpengaruh. Salah satu hal yang dapat kita lakukan demi menanggulangi pemanasan global adalah dengan merubah pola hidup kita menjadi pola hidup yang ramah lingkungan. Pola hidup yang ramah lingkungan bisa diwujudkan dengan 10 cara sederhana berikut ini.

 

10 cara sederhana untuk GO GREEN




            Mungkin dari sekian banyak hal kesibukan yang anda lakukan, tak disadari bahwa kita akan bisa lepas dari apa namanya bumi (Global). Dari situ kita ada dan dia ada karena Tuhan yang selalu senantiasa memudahkan kita dalam melakukan apa saja yang telah Tuhan inginkan. Tapi, sayang ketika ciptaan ini sangat berguna demi masa depan kita akan hancur termakan Jaman yang entah kenapa seolah mengikis apa itu keindahan yang dimiliki Bumi kita ini. Sangat melenceng sangat bukan? . Dengan keadaan bumi yang selalu meningkat temperatur suhu setiap harinya kita sangat dihantui oleh itu namanya Pemanasan Global. Pemanasan yang tak lain adalah dampak dari aktivitas kita.
Mungkin banyak cara mengatasinya untuk mengurangi dampak dari pemanasan global, tapi lagi lagi sayang cara itu tak mudah untuk diterapkan oleh semua orang. Oleh karena itu, disini ada cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemanasan Global.

1. Menghemat energi (Save Energy to Save Money) 
Atur termostat beberapa derajat lebih rendah di musim dingin dan beberapa derajat lebih tinggi di musim panas untuk menghemat biaya pemanasan dan pendinginan.
 Gunakanlah lampu hemat energi, compact fluorescent light bulbs (CFLs)
Cabut atau matikanlah peralatan saat tidak digunakan
Cucilah pakaian dengan cara manual. Sebanyak 85 persen dari energi yang digunakan untuk mesin-cuci pakaian, pergi ke pemanas air.
Jemurlah pakaian secara manual,untuk mengurangi energi dari pemakaian mesin pengering.

2. Menghemat Penggunaan Air (Save water to save money)
Meminimalkan penggunaan air,dalam rangka menghemat air. pergunakanlah secukupnya,mungkin saja anda dapat mandi bersama dengan pasangan anda,agar air yang digunakan lebih sedikit.
Pasang -aliran pancuran rendah . Mereka tidak banyak biaya, dan penghematan air dan energi dengan cepat dapat membayar kembali investasi Anda.
Pastikan Anda memiliki aerator keran pada setiap keran. Peralatan ini menghemat murah panas dan air, sekaligus menjaga tekanan air yang tinggi
Tanamanlah tanaman kering yang membutuhkan sedikit air dikebun anda,untuk mengurangi penggunaan air secara berlebih.

3. Kurangi Penggunaan Gas (Less gas)
Berjalan kaki atau menggunakan sepeda ketika bekerja. Hal ini menghemat konsumsi gas dan tentunya menghemat biaya parkir serta meningkatkan kesehatan jantung Anda dan mengurangi risiko obesitas.
Gunakanlah komunikasi jarak jauh jika Anda tinggal jauh dari pekerjaan Anda. Misalkan menggunakan Internet,hal ini paling tidak mengurangi penggunaan kendaraan pribadi anda.

4. Makan dengan Cermat (Eat Smart)
Tidak Makan daging. biaya Mengkonsumsi daging tentu akan lebih mahal daripada sayuran, pertimbangkanlah biaya lingkungan dan kesehatan yang terkait.
Belilah Kebutuhan secara lokal. Pembelian dari petani setempat tentu akan meningkatkan ekonomi lokal, makanan lokal yang dihasilkan mungkin lebih enak, segar, dan ramah untuk lingkungan .

5. Hindari Penggunaan Air Kemasan (Skip the bottled water)
Gunakan air filter untuk memurnikan air keran daripada membeli air kemasan Tidak hanya air kemasan mahal, tapi menghasilkan sejumlah besar limbah wadah
Bawalah botol air dapat digunakan kembali, sebaiknya aluminium bukan plastik, dengan Anda saat bepergian atau di tempat kerja.

6. Berpikirlah sebelum Anda membeli (Think before you buy)
Sebuah pikiran kecil dapat membuat perbedaan besar. Sebagai contoh, kita bisa membeli pakaian yang tidak perlu dikeringkan-dibersihkan untuk menghemat uang dan mengurangi limbah beracun.
Ketika melakukan pembelian, pastikan Anda tahu apa yang ” barang yang sebaiknya digunakan “dan apa yang tidak.Apakah kita benar-benar membutuhkannya atau hanya karena tergoda untuk membeli?

7. Pinjam daripada membeli (Borrow instead of buying)
Sebagian besar buku baru yang dibeli cenderung untuk dibaca sekali dan hanya satu orang. Pinjamlah buku dari perpustakaan daripada membeli buku. Ini menghemat uang, belum lagi tinta dan kertas yang masuk ke dalam mencetak buku-buku baru. Hanya bergabung perpustakaan setempat Anda dan menikmati ribuan buku dan DVD secara gratis.Tentu mungkin masih ada beberapa DVD langka atau merek baru.

8. Cermat dalam Membeli (Buy smart)
Membeli dalam jumlah besar. Pembelian makanan dari tempat sampah massal dapat menghemat uang dan kemasan.
Memakai pakaian yang tidak perlu kering- dibersihkan. Hal ini menghemat uang dan luka bawah pada penggunaan bahan kimia beracun.
Investasi di berkualitas tinggi, tahan produk lama . Anda mungkin membayar lebih sekarang, tapi Anda akan bahagia saat Anda tidak perlu mengganti item sebagai sering (dan ini berarti limbah kurang!).

9. Jauhkan elektronik dari tempat sampah.(Keep electronics out of the trash)
Rawatlah telepon, komputer , dan barang elektronik lainnya selama mungkin.
Donasi atau daur ulang ketika barang tidak terpakai lagi. E-limbah mengandung merkuri dan racun lainnya dan merupakan masalah lingkungan yang berkembang.
Meminta pemerintah setempat untuk mendirikan sebuah daur ulang elektronik dan acara pengumpulan sampah berbahaya.

10. Membuat Alat Pembersih Sendiri (Make your own cleaning supplies.)
Rahasia besar: Anda dapat membuat sangat efektif, beracun produk pembersih non- kapanpun Anda membutuhkannya. All you need are a few simple ingredients like baking soda, vinegar, lemon, and soap. Yang Anda butuhkan adalah bahan sederhana seperti baking soda, cuka, lemon, dan sabun.
Membuat produk Anda sendiri pembersih menghemat uang, waktu, dan kemasan-belum lagi kualitas udara dalam ruangan Anda.



Memang kesannya merubah pola hidup adalah hal yang menyengsarakan dan jauh dari kenyamanan. Seperti harus berpanas-panasan tanpa ac, lelah karena naik sepeda ke kantor, atau yang lainnya. Memang benar hal-hal tersebut menggeser kenyamanan kita, tetapi jika kita peduli terhadap lingkungan dan generasi yang akan datang, kita bisa melakukannya, dan tentunya dengan kekereativitasan kita, kita bisa ramah lingkungan dengan cara yang menyenangkan dan menyehatkan. Jadi tunggu apa lagi? Mari kita bertindak selagi kita bisa!!



MARI BERKOMENTAR MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR!
EmoticonEmoticon