DEFINISI AQUASCAPE

AQUASCAPE



Aquascape adalah seni kerajinan mengatur tanaman air, batu, cavework, atau kayu apung , secara estetis dalam sebuah aquarium dalam efek berkebun di bawah air. Aquascape desain mencakup sejumlah gaya yang berbeda, termasuk diantaranya adalah gaya Belanda seperti taman dan gaya Jepang yang terinspirasi alam. Meskipun tujuan utama dari aquascaping adalah untuk membuat air berseni lanskap , aspek teknis pemeliharaan tanaman air juga harus dipertimbangkan. Banyak faktor yang harus seimbang dalam sistem tertutup dari sebuah tangki aquarium untuk memastikan keberhasilan suatu aquascape. Faktor-faktor ini termasuk filtrasi , mempertahankan karbon dioksida pada tingkat yang cukup untuk mendukung fotosintesis bawah air, substrat dan pemupukan , pencahayaan , dan ganggang kontrol.

Dalam seni aquascaping memang ada beberapa aliran yang disebut style untuk mengetahui ciri khas dan juga untuk menentukan arah dan tujuan dalam melakukan setup aquascape. Tujuan dari style aquascape ini dilakukan untuk menentukan ide awal sebelum mulai setup aquascape baru. 
Dan berikut tiga gaya atau style-style yang paling sering digunakan oleh para Aquascaper.



1. NATURE STYLE ( GAYA ALAMI )


Nature style adalah salah satu dari tiga gaya utama mendominasi dunia aquascaping. Dasar gaya nature adalah konsep estetika, nature style ini dipopulerkan  oleh aquarist Jepang bernama Takashi Amano pada tahun 1990 dan telah menjadi sangat populer selama bertahun-tahun, yang mempengaruhi seluruh masa depan desain aquascape. Gaya itu sendiri memiliki asal-usul di pemandangan yang tumbuh secara alami terinspirasi oleh konsep berkebun Jepang Wabi Sabi.

Gaya ini ditandai dengan memperhatikan keselarasan dan pengelompokan batu, kayu  dan tanaman air untuk membuat representasi miniatur bawah air dari lanskap terestrial tertentu . Pada kebanyakan kasus, aquascapes Alam Aquarium menggambarkan versi skala-down dari hutan hujan, pegunungan, bukit atau lembah. Elemen berkebun Jepang umumnya digunakan ketika membangun akuarium alam, seperti pelaksanaan rasio emas .
Meskipun penampilan umum dari aquascape gaya nature ini membuatnya tampak tidak direncanakan, cukup acak dan tanpa desain, kebenaran mencapai jenis tata letak membutuhkan banyak pekerjaan yang rumit. Batu dan kayu diatur dengan hati-hati bersama pengaturan tanaman air dalam rangka menciptakan suasana alami. Aquascapes akuarium alam biasanya hanya memiliki satu titik fokus diposisikan sesuai dengan Golden Rule.

Beberapa contoh aquascape Nature Style:

aquascape nature style

aquascape nature style

aquascape nature style

aquascape nature style

aquascape nature style


2. DUTCH STYLE ( GAYA BELANDA )


Dutch style atau gaya belanda adalah gaya yang mngkin bisa disebut paling tua, dutch style mulai populer pada tahun 1930-an di Belanda. Gaya ini tidak menggunakan kayu, batu atau bahan hardscape lainnya, fokus utama dari gaya ini ditempatkan pada pertumbuhan dan penataan tanaman air. Dutch style menggunakan berbagai macam tanaman, bisanya menggunakan banyak tanaman dari banyak warna dan gradasi yang berbeda. Teknik yang paling umum digunakan pada dutch style adalah terasering , karena ini adalah yang paling optimal. Terasering sangat efisien dalam menciptakan dan menekankan titik fokus dengan bantuan dari aturan pertiga . Dengan dutch style, titik fokus biasanya ditekankan oleh penggunaan tanaman merah atau besar. Gaya ini mmerlukan penanaman tanaman yang sangat padat. Lebih dari 70% dari lantai aquarium harus ditanamin.
Kebutuhan yang paling penting bagi aquascapers untuk membuat aquascape dengan dutch style adalah memiliki pengetahuan yang luas mengenai tanaman air. Karena tanaman adalah bahan utama yang digunakan dalam gaya ini.

Beberapa contoh aquascape Dutch Style:


aquascape dutch style

aquascape dutch style

aquascape dutch style

aquascape dutch style

aquascape dutch style



3. IWAGUMI STYLE ( ZEN GARDEN )


Iwagumi style dipopulerkan oleh Takashi Amano , bagi para aquascaper style iwagumi adalah style yang paling indah. Pada pandangan pertama Iwagumi terlihat sederhana dan minim , tapi itu sebenarnya salah satu gaya aquascaping yang paling sulit untuk dicapai. Dalam bahasa Jepang  istilah Iwagumi berarti Rock formation” atau formasi batu. Tidak heran bahwa batu memainkan peran penting dalam tata letak Iwagumi. Gaya ini menggunakan tiga batu utama. Satu batu besar dan dua batu pendukung yang lebih kecil. Bagian tersulit dari membentuk hardscape yang menciptakan keseimbangan sempurna antara semua batu .Tidak memiliki keseimbangan ini akan membuang seluruh scape, hilang harmoni damai dan kesatuan ditandai dengan tata letak Iwagumi.
Setiap batu dalam tata letak Iwagumi memiliki nama dan peran tertentu:

Oyaishi: 

Batu primer. Batu ini ditempatkan di titik fokus dari aquascape, oleh karena itu harus menjadi batu yang paling indah dari mereka semua. Ini harus mengambil 2/3 dari tinggi akuarium Anda, yang merupakan rasio yang sempurna untuk mata manusia.

Fukuishi: 

Batu sekunder. Warna dan tekstur batu ini harus menyerupai Oyaishi. Menjadi batu terbesar kedua di hardscape tujuan utamanya untuk mengimbangi batu primer dan menciptakan ketegangan.

Soeishi: 

Jenis ketiga batu. Tempatkan batu ini di sebelah Oyaishi, bersama dengan Fukuishi, menonjolkan kekuatan yang pertama.

Suteishi: 

Batu terkecil. Batu ini kemungkinan besar akan mendapatkan ditutupi dengan tanaman, tapi masih salah satu yang penting dalam formasi. Itu tugas adalah untuk pujian seluruh formasi batuan dengan membantu semua batu-batu lain dalam menciptakan rasa kebersamaan.
Susunan formasi batu iwagumi
Susunan formasi batu iwagumi


Memilih tanaman yang tepat sangat penting untuk menciptakan gaya  Iwagumi. Tanaman yang digunakan dalam aquascaping ini pengumpan akar berat yang membuatnya penting untuk memilih substrat yang tepat.Kesulitan lain adalah kenyataan aquascape ini menjadi rentan terhadap pembentukan ganggang , bahkan pada tahap awal auascape. Tanaman yang populer digunakan dalam tata letak Iwagumi, seperti hairgrass Dwarf (Eleocharis acicularis), Glossostigma dan Cuba, adalah tumbuhan rendah yang membutuhkan banyak pencahayaan dan CO2. 

Beberapa contoh aquascape iwagumi style:


aquascape iwagumi style

aquascape iwagumi style

aquascape iwagumi style

aquascape iwagumi style

aquascape iwagumi style



Video Top 300 best aquascape


KLIK OPEN TO SEE THIS VIDEO:


MARI BERKOMENTAR MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR!
EmoticonEmoticon