ELECTRIC BLUE (Sciaenochromis Fryeri)


Ikan ini populer di antara jenis ikan siklid asal Malawi, Afrika Barat. Electric Blue populer karena ikan ini mudah di dapat (tersedia di pasar dalam jangka panjang), mudah dipelihara dan warnanya yang menarik. Ikan dengan nama ilmiah Sciaenochromis Fryeri ini dapat tumbuh sampai 20cm dan termasuk ikan predator bagi hewan kecil seperti moluska, udang dan anak ikan lainnya. Ikan ini lebih dikenal dengan nama Electric Blue Hap karena berasal dari klompok ikan Haplochromis.

Meski ikan ini tergolong sebagai ikan predator, Electric Blue juga dapat beradaptasi dengan pakan pelet yang sesuai untuk ikan predator, yaitu kandungan yang terkandung dalam pelet sekitar 50-60%. Selain diberi paka pelet ikan ini juga bisa diberikan udang kecil yang merupakan makanan kesukaannya. Untuk kualitas air ikan ini membutuhkan air dengan pH agak basa yaitu sekitar 6,5-8 dengan suhu sekitar 24-28C. Di dalam bak atau aquarium cukup diberikan aerator tanpa filter. Untuk mencegah kandungan amoniak meningkat maka harus dilakukan penyiponan  secara rutin.

Electric Blue Ukuran 7-10cm

Untuk membrdakan jenis kelamin ikan ini, saat pejantannya mencapai ukuran 10-12cm dan betinanya  sekitar 8-10cm. Pejantan memiliki warna tubuh biru terang, sedangkan yang betinan warnanya lebih ke abu-abu seperti ikan  nila. Ikan ini hampir selalu ada di pasar lokal ikan hias. Untuk Harga jualnya sekitar 10ribu rupiah per ekor untuk ikan ukuran 7-10cm. Sedangkan di pasar Internasional , ikan ini dijual dengan harga US$ 6 untuk ikan kecil, sedangkan harga ikan yang sudah dewasa cukup mahal sekitar US$ 40.

CJ AQUATIC mengulas tentang berbagai macam jenis dan harga ikan hias air tawar yang ada di seluruh Dunia.

This Is The Newest Post

MARI BERKOMENTAR MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR!
EmoticonEmoticon