DANIO ZEBRA (Danio Rerio)

danio zebra

Danio Zebra atau ikan yang mempunyai nama ilmiah Danio Rerio ini berasal dari lembah sungai Himalaya yang meliputi negara Pakistan, Bangladesh, Nepal, Myanmar dan India. Habitat alami ikan ini adalah di sungai sungai kecil, aliran anak sungai Himalaya, termasuk di sawah sawah, rawa rawa dan aliran menggenang lainnya.

Ikan Danio Zebra yang telah lama populer di dunia ikan hias ini, mempunyai beberapa macam jenis strain, yaitu danio zebra strain normal, danio zebra strain merah, danio zebra strain lila dan danio zebra strain putih.
Ikan Danio Zebra atau yang lebih populer dengan nama Zebra Danio ini, telah diketahui berkembang pesat di berbagai aliran sungai di Amerika dan Colombia, karena mungkin berkat ulah para pemilik ikan hias di aquarium yang bosan dan membuangnya ke sungai, sehingga ikan ini hidup dan berkembang biak di sungai sungai.
Danio Zebra Strain Normal
Danio Zebra StrainNormal
Danio Zebra Strain Merah
Danio Zebra Strain Merah
Danio Zebra Strain Lila
Danio Zebra Strain Lila
Danio Zebra Strain Putih
Danio Zebra Strain Putih

Ikan Danio Zebra dapat tumbuh sampai 6,5cm, tetapi jika dipelihara di aquarium hanya akan tumbuh sampai dengan 4cm saja. Ikan ini termasuk ikan yang berumur pendek, karena hanya mampu hidup sampai 5 tahun saja. Ikan ini termasuk ikan omnivora karena memakan beraneka ragam hewan mikroskopis seperti moluska dan plankton. Ikan ini sangat mudah untuk dipelihara di aquarium, karena ikan ini dapat dibiasakan dengan pakan pelet yang berukuran lembut, serta dapat pula diberi pakan cacing sutera dan kutu air. Untuk kualitas air yanh dibutuhkan, walaupun ikan ini terbilang sangat mudah untuk dipelihara, tetapi kualitas air yang ideal yaitu air dengan suhu 24-28C dengan pH netral sekitar 6,5-7.

danio zebra 6cm
Danio Zebra 6cm

Selai sebagai komoditas aquarium, ikan Danio Zebra merupakan bahan studi yang sangat populet di dunia penelitian ikan. Danio Zebra menjadi model transgenik atau rekayasa genetika, termasuk untuk menyuntikan beragam warna ke dalam jaringan kulitnya sehingga memunculkan ikan glowfish atau ikan yang dapat muncul di kegelapan karena ikan ini disuntik dengan fluorescent.
Walaupun harga jual ikan ini terbilang murah, tetapi pangsa pasar untuk ikan ini masih terbilang baik. Di pasar ikan lokal ikan ini dijual dengan harga 2 ribu rupiah per ekor. Untuk ikan strain merah harganya relatif sedikit lebih mahal, yaitu sekitar 2,5-3 ribu rupiah per ekor. Selain di pasar ikan lokal, ikan ini juga sangat laku di pasar ikan internasional.

CJ AQUATIC mengulas tentang berbagai macam jenis dan harga ikan hias air tawar yang ada di seluruh Dunia.

1 COMENT so far

Cantik nih ikan, bnyak juga ya jenisnya,,

MARI BERKOMENTAR MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR!
EmoticonEmoticon