COMPRESSICEPS (Dimidiochromis Compressiceps)

COMPRESSICEPS (Dimidiochromis Compressiceps)

Ikan Compressiceps ini termasuk juga ikan predator, karena biasanya suka memakan ikan kecil atau udang dengan cara menyergapnya. Di habitat aslinya yaitu di danau Malawi di Afrika, ikan ini akan menyergap mangsanya dengan cara berlindung di balik tanaman air Valisneria.

Ikan dengan nama ilmiah Dimidiochromis compressiceps ini populer dengan nama yang cukup menyeramkan, Malawi eye biter atau yang artinya si tukang pemakan mata ikan dari danau Malawi. Di alam, ikan Compressiceps ini memang sering memakan mata ikan lainnya. Namun tidak demikian di aquarium, buktinya ikan ini masih bisa dgabung dengan ikan lainnya yang berukuran sama besar.

Compressiceps mampu untuk tumbuh hingga 25cm. Bentuk tubuh dan warnanya mirip dengan ikan electric blue, tapi moncong ikan ini agak lebih panjang. Walaupun ikan ini termasuk ikan predator tapi mereka juga dapat dibiasakan dengan pakan pelet. Untuk pemeliharaan dalam aquarium ikan ini dapat diberi pakan pelet, udang, cacing sutera dan cacing darah.

compressiceps siap memangsa
compressiceps siap memangsa
ompressiceps sang predator
compressiceps sang predator

Untuk kualitas air yang dibutuhkan, ikan ini memerlukan kualitas air dengan pH netral atau agak basa. Sedangkan suhu yanh ideal berkisar antara 25-27C. Ikan ini juga rentan terhadap kandungan amoniak yang tinggi sehingga kebutuhan aquarium menjadi perioritas yang utama. Di pasar ikan hias lokal, ikan ini dijual dengan harga sekitar 7 ribu rupiah sampai dengan 10 ribu rupiah per ekornya untuk ikan dengan ukuran 7-8cm. Sedangkan di pasar ikan hias internasional atau di luar negri, ikan berukuran kecil dijual dengan harga US$ 5 dan ukuran besar seharga US$ 28.


CJ AQUATIC mengulas tentang berbagai macam jenis dan harga ikan hias air tawar yang ada di seluruh Dunia.

MARI BERKOMENTAR MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR!
EmoticonEmoticon