CARPINTIS (Herichthys Carpintis)

Herichthys Carpintis

Ikan Carpintis adalah termasuk dalam golongan ikan siklid, ikan yang memepunyai nama ilmiah Herichthys Carpintis ini adalah termasuk ikan yang sangat dicari saat demam ikan louhan melanda Indonesia, karena sekilas ikan ini mirip dengan ikan louhan. Corak mutiara yang terdapat dalam tubuhnya sangat menarik untuk disilangkan dengan ikan lain dari suku Cichliade lainnya.

Sebenarnya terdapat beberapa jenis ikan dalam marga Herichthys ini dan 2 di antaranya sudah masuk ke Indonesia, yaitu carpintis asli Herichthys carpintis dan texas cichlid Herichthys cyanouttatus. Jika kita amati dengan jeli, sebenarnya mereka mempunyai perbedaan yang jelas. Ikan carpintis mempunyai spot berbentuk seperti cacing atau makroni, sedangkan pada ikan texas cichlid bentuknya bulat atau titik titik.

Herichthys Carpintis
Herichthys Carpintis
Texas cichlid Herichthys cyanouttatus
Texas cichlid Herichthys cyanouttatus

Sayangnya dari ikan yang beredar di pasaran, sangat sulit untuk mencari jenis ikan yang murni atau belum tercampur antara kedua marga tersebut. Beberapa bahkan ada yang sudah merupakan hasil silangan dengan ikan red devil atau simpilum. Mereka memang sama berasal dari Meksiko, namu carpintis hanya ada di Meksiko, sedangkan texas cichlid menyebar hingga ke Texas, Amerika Serikat.

Jenis carpintis dapat tumbuh hingga 25cm, sedangkan texas cichlid hanya tumbuh sampai 20cm. Hasil persilangan dari kedua jenis ikan tersebut mampu tumbuh sampai 30cm, tapi di lain pihak anakannya juga ada yang tumbuh kerdil. Itulah sisi negatif dan positif dari hasil persilangan. Kedua jenia ikan ini sama sama mampu hidup sampai 8 tahun saat dipelihara di aquarium. Keduanya sama sama agresif dan suka berkelahi, tetapi tingkat keagresifan mereka masih dibawah red devil, managuen atau simpilum.

Herichthys Carpintis 20cm
Herichthys Carpintis 20cm

Ikan carpintis adalah ikan yang termasuk sangat rakus terhadap beragam pakan seperti pelet, udang, potongan ikan maupun cacing sutra. Untuk pemberian pakan sebaiknya dilakukan. 2-3 kali sehari sebanyak sekitar lima menit habis dimakan oleh ikan. Sisa pakan yang tenggelam di dasar harus cepat di ambil supaya tidak mengotori air. Sedangkan untuk kualitas air ikan ini tergolong termasuk dalam ikan yang tidak terlalu memperhatikan kualitas air, karena ikan ini mampu beradaptasi dengan kualitas air yang ada. Tetapi kondisi air yang ideal adalah dengan suhu antara 25-27C dengan pH air netral.

Peternak ikan ini tidak begitu banyak karena kebutuhan ikan carpintis pasca tren ikan louhan berakhir juga tidak banyak. Budi daya ikan carpintis adalah untuk mengejar kualitas, karena kualitas yang baik bisa mempunyai harga yang luar biasa, seperti hanya koleksi barang antik dan mahal.
Berikut adalah kualitas ikan carpintis yang baik:

1. Ukuran tubuhnya proposional, besar dan gemuk, tidak panjang dan meninggi (agak kotak).
2. Memiliki corak mutiara yang penuh di seluruh bagian tubuhnya.
3. Warna tubuhnya cemerlang.
4. Tidak cacat, sehat dan berenang secara wajar.

Di pasaran ikan lokal, untuk ikan carpintis ukuran 3-4cm dijual dengan harga kisaran 10 ribu rupiah, sedangkan ikan yang sudah dewasa dengan ukuran 20cm dijual dengan harga sekitar. 100 ribu rupiah. Di luar negri ikan ini dihargai sekiyar US$ 5,5 per ekor untuk ukuran ikan 1-1,5 inchi.

Herichthys Carpintis 3cm
Herichthys Carpintis 3cm

CJ AQUATIC mengulas tentang berbagai macam jenis dan harga ikan hias air tawar yang ada di seluruh Dunia.

MARI BERKOMENTAR MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR!
EmoticonEmoticon