BOTIA (Chromobotia Macracanthus)

Botia ikan hias air tawar

Ikan Botia adalah ikan yang menjadi ikon ikan hias, selain ikan discus dan manfish. Ikan yang mempunyai nama ilmiah Chromobotia macracanthus ini lebih dikenal dengan nama Clown 

loach atau ikan botia badut. Habitat asli ikan ini berasal dari Sumatra dan Kalimantan. Di habitat aslinya botia hidup di aliran air di sungai-sungai. Ikan botia juga termasuk ikan favorit dan memiliki banyak penggemar di luar negri, botia begitu digemari para penghobi sehingga harganya di luar negri termasuk mahal, bila dibandingkan di Indonesia sendiri. Ikan ini termasuk ikan Omnivora, dan
menjadi ikan favorit bagi penggemar aquascape sebagai pembasmi hama keong, dan botia juga bukan termasuk ikan agresif sehingga tidak akan merusak tanaman saat ditaruh di aquascape. Dan untuk pemberian pakannya botia sangat menyukai cacing darah dan udang-udangan kecil.

Botia ikan hias air tawar
ikan botia bergerombol di aquascape

Ikan botia adalah ikan yang berumur panjang, diduga mampu hidup hingga puluhan tahun dengan panjang antara 20-40cm. Karena botia adalah ikan yang tidak mempunyai sisik sehingga perlu di ingat bahwa ikan ini akan dapat sangat mudah terserang penyakit seperti white spot. Dan untuk kualitas air yang diperlukan ikan botia menyukai air dengan kualitas kadar pH sekitar 6-7,5 dengan suhu agak sedikit hangat yaitu 25-28C. Disarankan memelihara dengan jumlah 2-6 ekor, karena ikan botia lebih suka hidup bergerombol, dan ingat sediakan juga tempat untuk bersembunyi agar ikan botia tidak mudah stress. Di pangsa pasar ikan lokal, ikan ini laku di jual dengan harga kisaran 12-15ribu rupiah per ekor untuk ikan yang berukuran 5-6cm.

                Selain di Indonesia ada tiga jenis ikan botia lagi yang terdapat di dunia, yaitu:
1. Botia Lohachata
2. Botia Morleti
3. Botia Striata

1. Botia Lohachata

Botia  lohachata ikan hias air tawar
botia lohachata

Ikan ini mempunyai nama popular, diantaranya Almorha loach, Pakistani loach, Reticulated loach dan Y-loach, ikan yang mempunyai nama ilmiah botia lohachata ini, habitat asalnya yaitu dari sungai-sungai di Banglades, Pakistan dan India. Bentuk dan warna dari ikan ini cukup menarik, dan ikan ini mampu tumbuh hingga 13cm. Di pasar ikan lokal botia jenis ini dijual dengan harga 7-10ribu rupiah per ekorya.

2. Botia Morleti

Botia  morleti ikan hias air tawar
botia morleti

Ikan botia morleti juga biasa disebut dengan  skunk loach, sedangkan nama ilmiah dari kan ini adalah Yasuhikotakia morleti.  Jenis botia ini habitat asalnya dari beberapa Negara tetangga yaitu, Kamboja, Laos dan Thailand. Ikan ini mampu tumbuh hingga 10cm, dan membutuhkan kualitas air yang jernih dengan aerasi yang maksimal dan banyak tempat untuk sembunyi. Di pasar ikan lokal botia jenis ini dijual dengan harga 10ribu rupiah untuk ukuran 7-10cm per ekornya.

3. Botia Striata

Botia striata ikan hias air tawar
botia striata

Ikan ini popular dengan nama Zebra loach, sedangkan nama ilmiahnya adalah Botia striata, Botia jenis ini habitat aslinya berasal dari sungai Tunga di Karnataka, India selatan. Ikan ini dapat tumbuh hingga 8-9cm dan hidup di dasar sungai dengan memakan beragam berbagai mahluk-mahluk mikroskopis seperti larva serangga dan larva moluska, serta udang. Di pasar ikan lokal botia jenis ini dijual dengan harga 7-10ribu rupiah per ekornya.

CJ AQUATIC mengulas tentang berbagai macam jenis dan harga ikan hias air tawar yang ada di seluruh Dunia.

4 COMENT

cantik ya gan ikannya :)
Boleh di pelihara secara pribadi kagak itu gan??

Tanya gan
Di pasaran lokal tepatnya di mana ya gan bsa nemuin botia jenis lainya selain botia badut
Thnx gan infonya menarik

MARI BERKOMENTAR MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR!
EmoticonEmoticon