BIFA (Vieja Bifasciatus)

Bifa ikan hias air tawar

Ikan Bifa tampil dalam beragam warna, sehingga bagi pedagang ikan hias yang kurang informasi ilmiah agak membingungkan untuk memahami ikan ini. Ikan yang habitat asalnya dari Amerika Tengah ini mempunyai nama ilmiah Vieja bifasciatus, karena itulah semua ikan dari genus disebut bifa. Di Indonesia setidaknya terdapat 5 jenis ikan dari marga Vieja, yaitu Vieja bifacsiatus, Vieja zonatus, Vieja guttullatus, Vieja fenestratus dan Vieja synspilus. Parahnya lagi, kelima jenis vieja ini sudah disilangkan tak karuan dengan jenis ikan lain, baik dalam marga vieja sendiri atau dengan ikan siklid lainnya seperti trimaculatum, carpintis dan red devil. Sehingga akhirnya sulit untuk membedakan masing-masing jenis berdasarkan galur murni. Dan berikut jenis-jenis dari kelima marga vieja tersebut.

Bifa Vieja bifacsiatus ikan hias air tawar
Vieja bifacsiatus
Bifa Vieja zonatus ikan hias air tawar
Vieja zonatus
Bifa Vieja guttulatus ikan hias air tawar
Vieja guttulatus
Bifa Vieja fenestratus ikan hias air tawar
Vieja fenestratus
Bifa Vieja synspilus ikan hias air tawar
Vieja synspilus

Sosok ikan bifa dan saudaranya dari lembah sungai Usumacinta di Guatemala dan Mexico ini hampir sama dengan ikan red devil. Semburat warna merah dan biru pada ikan akan terlihat setelah dewasa, atau setidaknya 2 tahun dari perkiraan umur maksimal sekitar 10 tahun. Ikan bifa memang sekilas agak percis menyerupai ikan Louhan, apalagi dengan jenis yang mempunyai nonong. Ikan ini juga salah satu indukan dari beragam jenis ikan Louhan dengan perkawinan silang yang carut marut. Indukan ikan ini tidak diketahui atau sengaja disembunyikan oleh peternak supaya tidak ditiru saat hasil silangan sudah di rilis dipasaran.

Bifa ikan hias air tawar
Vieja dengan nonong

Seperti kebanyakan ikan siklid besar, jenis kelamin ikan bifa sangat sulit dibedakan kecuali menjelang pemijahan dimana dimana ikan jantan mempunyai vent lancip sedangkan ikan betina membulat. Ikan bifa mau menerima  jenis pakan apapun yang diberikan, sehingga ikan bifa sangat mudah unuk di pelihara di aquarium. Seperti jenis ikan omnivore lainnya yang menyukai pellet, udang, dan cacing sutra. Untuk kualitas air yang dibutuhkan ikan ini membutuhkan kadar pH sekitar 6,5-7,5 dan menyukai suhu air agak sedikit hangat yaitu sekitar 22-28C, sehingga saat musim hujan atau musim dingin disarankan air harus lebih sering diganti untuk mempertahankan suhu air agar lebih angat. Di pangsa pasar ikan hias lokal maupun luar negri ikan ini mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi.

Bifa ikan hias air tawar
vieja species

CJ AQUATIC mengulas tentang berbagai macam jenis dan harga ikan hias air tawar yang ada di seluruh Dunia.

10 COMENT

Mantap nih ikan tapi kaya mirip ikan lohan ya :D

Iya gan masih 1 kerabat dengan ikan louhan

ikannya keren euy... bisa dimakan kah???

asekk.. cantik nih berapaan harganya gan ?

bagus ini ikan kalau di jadikan hiasan buat aquarium di rumah :D

Ikannya unik banget, btw itu nama lain dari ikan lohan yah ?

boleh di pancing ke kang ikan nya ....heheheh jadi pengen makan nya

ini bukan ikan louhan gan. tapi masih satu kerabat dgn ikan louhan. makanya agak mirip.

bener-bener mirip ikan lohan ya gan...

MARI BERKOMENTAR MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR!
EmoticonEmoticon