BELIDA (Notopetrus Chitala)



Belida ikan hias air tawar

      
Ikan Lopis atau yang lebih dikenal dengan nama ikan Belida merupakan jenis ikan sungai yang tergolong dalam suku Notopteridae (ikan berpunggung pisau). Nama ikan belida diambil dari nama salah satu sungai di Sumatra Selatan yaitu tempat asal habitatnya. Orang Banjar sendiri menyebutnya sebagai ikan pipih, memang sirip ikan ini gak menyerupai sirip ikan Black Ghost. Ikan ini dapat ditemui di Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Semenanjung Malaysia, meskipun sekarang ikan ini sulit untuk di temui karena rusaknya kualitas air sungai dan penangkapan ikan yang besar-besaran.

Ikan belida merupakan bahan baku untuk pembuatan sejenis kerupuk khas dari Palembang yang dikenal sebagai Kemplang. Dulu ikan ini juga dipakai dalam pembuatan pempek namun sekarang sudah diganti dengan ikan Tenggiri, karena susahnya mencari bahan baku ikan belida sekarang ini.  Tampilannya yang unik sehingga ikan Belida banyak juga di pelihara di aquarium sebagai ikan hias. Karena berpotensi ekonomi dan terancam punah, balai budidaya air tawar Mandiangin, di Kalimantan Selatan telah mencoba untuk membudidayakan ikan belida.

Belida ikan hias air tawar
beberapa varian belida hitam dan coklat

Ikan belida lebih aktif pada malam hari atau memiliki karakter nocturnal (aktif pada malam hari) dan juga sebagai ikan karnivora, dan mulai merespon makanan pada sore hari, yaitu  memakan ikan kecil dan krustasea,  ikan ini cendrung menyukai bagian gelap dari sungai, biasanya hidup di lubuk di bawah pepohonan. Ada dua jenis ikan ini yang dikenal luas di Indonesia, yaitu jenis Notopterus notopterus  yang memiliki nama local lopis/belida, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan bronze featherback. Jenis kedua adalah Chitala chitala yang memiliki nama ikan local belida/ikan pipih dalam bahasa Inggris disebut clown knifefish.

Belida ikan hias air tawar
netopterus chitala coklat

Belida ikan hias air tawar
netopterus chitala hitam

Secara umum habitat ikan ini yaitu di perairan air tawar dengan ketinggian 30 meter dari permukaan laut dan mampu tumbuh sepanjang 1 meter dan berat maksimal 15kg. Ikan belida dijual dengan harga sedang sampai relatif mahal dengan ukuran ikan yang sudah dewasa yaitu sekitar 30-40cm. Ikan yang dijual di beberapa toko ikan hias adalah ikan hasil tangkapan langsung dari alam, bukan dari hasil budidaya, sehingga sekarang ikan ini sudah mulai mendapatkan perhatian serius dari pemerintah.

Belida ikan hias air tawar
pemeliharaan dalam aquarium

CJ AQUATIC mengulas tentang berbagai macam jenis dan harga ikan hias air tawar yang ada di seluruh Dunia.

MARI BERKOMENTAR MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR!
EmoticonEmoticon