ARWANA ASIA (Scleropages Formosus)

Arwana asia ikan hias air tawar

Arwana Asia (Scleropages formosus), atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan arwana dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut "Ikan Naga" karena sering dihubung-hubungkan dengan mitologi naga.

Arwana Asia adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya di Indonesia. Ada empat varietas warna dari ikan arwana asia ini:
·         Arwana Red Tail Golden (scleropages aureus)
·         Arwana Crossback Golden (scleropages formosus)
·         Arwana Super Red Chili red (scleropages legendrei)
·         Arwana Silver Asian (scleropages macrocephalus)
            Semua jenis tersebut mempunyai cara perkembangbiakan yang sama sehingga disatukan dalam subbad arwana asia. Yang membedakan hanya warna tubuh dan asal ikan tersebut. Di luar itu mereka semua bisa saling disilangkan.


a.    Red Tail Golden
Ikan ini asli Indonesia dan disebut sebagai Red Tail Golden (RTG) atau Indonesian golden arwana. Perbedaannya dengan crossback golden malaysia adalah warna golden dari punggung atas sampai ke perut atau semua warna tubuhnya berwarna golden, sedangkan warna golden pada tubuh golden Malaysia hanya terdapat di bagian punggung atau separuh badan atas saja. Ikan Scleropages aureus yang berasal dari Riau/Pekanbaru ini lebih mahal disbanding arwana golden Malaysia. Seperti sepupunya dari Malaysia, ikan ini juga mempunyai warna dasar seperti hijau, biru, dan, golden. Ikan ini juga lebih besar dan agresif disbanding sepupunya si crossback golden dari Malaysia.

Arwana asia red tail golden ikan hias air tawar
red tail golden

b.    Cross Back Golden
Banyak nama dagang yang menyertai dengan nama ilmiah Scleropages formosus ini, di antaranya cross back golden,Pahang golden, Malayan  bonytongue, Bukit merah blue, Taiping golden dan Malaysian gold. Semua nama tersebut mengacu pada tipe yang sama, arwana golden. Saat dewasa warna golden pada ikan ini akan terlihat jelas di bagian punggungnya. Ikan ini memang “berbau” Malaysia karena memang terdapat disekitar Perak, Trengganu, Danau bukit merah dan johor. Produksi ikan jenis ini hanya sedikit sekali karena memang jumlah anakannya tidak banyak. Jumlah yang terbatas otomatis membuat harga ikan ini melambung tinggi di pasaran, jenis ini hanya diproduksi oleh peternakan besar di Malaysia dan Singapura. Oleh penghobi ikan ini masih diklasifikasikan menjadi beberapa varietas di antarannya blue-based, purple-based, gold-based, green-based, dan silver-based. Sat ini Platinum white golden arwana dan royal golden blue arwana menjadi raja dengan harga paling tinggi diantara varietas lainnya.  Kedua jenis ikan banyak diproduksi di Jepang dengan harga premium.  Peternak Malaysia banyak meraup untung dari jenis ikan ini karena memang merupakan daerah asal dari kedua jenis ikan ini.

Arwana asia malaysia cross back golden ikan hias air tawar
malaysia cross back golden

c.    Super Red
Arwana jenis ini memang memiliki tubuh berwarna merah. Ikan ini berasal dari Kalimantan Barat. Ikan Arwana jenis super red, chili red, dan blood red terdapat di lembah sungai Kapuas dan danau sentarum. Scleropages legendrei sempat menjadi jenis ikan arwana dengan harga termahal. Karena nilai profitnya yang tinggi  maka semua peternak berbondong-bondong membudidayakan jenis ikan ini. Hasilnya dapat ditebak, populasinya naik dengan tajam d pasaran sehingga harganyanya pun mulai turun. Para penghobi  pun masih membagi jenis ikan ini menjadi beberapa varian, di antaranya blood red, orange red dan golden red. Tetapi saat ini semua itu sudah di klompokan menjadi satu nama yaitu Super Red. Selain super red beberapa penjual ikan hias di Indonesia membagi lagi menjadi dua jenis, yaitu chili red dan blood red. Pemberian nama ini berdasarkan kualitas warna merah di tubuh ikan. Disebut chili red karena warna chili lebih dominan di tubuh ikan arwana ini. Sedangkan blood red digunakan untuk menyebut ikan yang warna merah tubuhnya seperti warna darah. Ternyata kedua jenis ini juga berbeda dalam hal bentuk tubuh. Chili red lebih tebal, sedangkan blood red lebih panjang dan tipis.

Arwana super red asia ikan hias air tawar
super red

d.  Silver Asian
Ikan ini tersebar luas di Thailand, Malaysia, Myanmar, Indonesia, dan juga di Kamboja. Berbeda wilayah kadang juga dapat menghasilkan warna tubuh yang berbeda pula. Jenis ikan ini mempunyai jenis perbedaan yang paling jelas di banding ikan lainya, yaitu mulut dan kepala paling lebar. Ikan jenis ini adalah yang paling sangat diminati dan terlaris di Thailand dan Philipina karena harganya yang paling murah di bandingkan dengan jenis ikan arwana asia lainya. Di Indonesia jenis ikan arwana yang paling murah dan laris adalah jenis ikan arwana silver asal Brasil.

Arwana silver asian ikan hias air tawar
silver asian


Kondisi air harus dibuat semirip mungkin dengan lokasi di alam liar tempat hidup habitat aslinya. Biasanya pH berkisar antara 6,8-7.5 dan suhu 27-29C. Penggantian air harus dilakukan secara rutin setiap hari, yaitu sekitar 30-35%. Ketinggian air idealnya sekitar 50-75cm.


CJ AQUATIC mengulas tentang berbagai macam jenis dan harga ikan hias air tawar yang ada di seluruh Dunia.

1 COMENT so far

Ikan arwana asia ternyata juga ada beberapa jenis ya..

MARI BERKOMENTAR MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR!
EmoticonEmoticon